Sabtu, 21 Agustus 2010

TAHUKAH ANDA ?? SEJARAH INTERNET DAN MILIS DI INDONESIA

SEJARAH INTERNET DI INDONESIA


Sejarah internet bermula ta 90 an
Jaringan internet pertaama di Indonesia bernama paguyuban network
R M samid obraham, sumaryo adisoemarta, muhamad isan, robby soebiakto, putu, firman siregar, adi indrayanto, dan onnow. Purbo merupakan nama perintis atau nama legendaries diawal pembangunan internet di Indonesia ( tahun 1992-1994).
Tulisan-tulisan awal mengenai internet di Indonesia terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986, khususnya diamatir radio club (ARC) ITB . bermodal pesawat radio pemancar Single Side Band (SSB) Amatir Radio Kenwood TS430 milik Haria Sudirapratama (YC1HCE) dan computer AppleII milik onno w. purbo (YC1DAV) belasan anak muda ITB seperti Harya Sudira Pratama (YC1HCE), J. tjandra pramudito (YB3NR), dan Suryono Adisoemarta (N5SNN) berguru pada senior amatir radio seperti robby soebiakto(YB1BG), alm. Ahmad Zaini (YB1HR), Yos ( YB2SV) melalui Band amatir radio 40m / 7MHZ mereka mulai mendiskusikan tekhnik membangun jaringan computer denagn radio menggunakan tekhnologi radio paket.
• Tekhnologi radio paketr TCP/IEP untuk internet kemudian diadopsi oleh rekan-rekan oleh Robby Soebiakto di BPPT, LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuhan paguyuban Net antara tahun ‘92-‘94
• Paguyuban netork yang mengkaitkan BPPT,UI, ITB mengunakan tekhnologi paket yang berkecepatan sangat rendah, yakni sekitar 1200 Bps
• Robby Soebiakto juga menjadi coordinator alamat IP pertama dari AMPR-Net (Amatir Packet Radio Network)b yang diinternet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132.
• AMPR-Net Indonesia kemudian dikoordinir oleh Onno W Purbo sejak tahun 2000
• Salah satu aktivitas AMPR-Net adalah mengkoordinasi aktivitas anggota ORARI melalui mailing list ORARI, orari-news@yahoogroups.com
• September ’96 merupakn tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB denagn jarinagn penelitian Asia Internet Interconection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh Bandwidth 1,5 M Bps ke jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke telkomnet dan IIX ( Indonesia Internet Exchange) sebesar 2 Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian penting dalam jaringan pendidikan di Indonesia yang menamkan AI3 di Indonesia yang mengkaitkan lebih dari 25 lembaga pendidikan di Indonesia ’97-’98.


SEJARAH MILIS DI INDONESIA


• Pada tahun 87-88, ketika internetr belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, AS membentuk mailing listn Indonesiayang pertama dengan alamat e-mail Indonesians@janus.berkeley.edu
• Pada tahun 93-94 mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, mailing list di Indonesia secara bertahap terbnentuk di Indonesia.
• 2 buah computer Pentium II di ITYb yang merupakan sumbangna Alumni Institut Teknologi Bandung untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia.
• Beberapa mailing list yang masih bertahan di ITB adalah itb@itb.ac.id dan dosen@itb.ac.id
Contoh forum komunitas di Indonesia (gratis) :
• Yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com
• Google pada mesin http://groups.google,com
• Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan ileh mesin http://groups.or.id yang diletakkan di ISP (internet Servis Provider) CBN.
Pau-mikro@ee.uminitoba.ca adalah komunitas untuk para hacker.
ids@listserv.syr.edu adalah komunitas untuk pengkajian pembangunan.

source:http://www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar